Minggu, 26 Mei 2013

SOSRO JOY GREEN TEA 2012


Dukung Sukses Entrepreneur Muda. Sepak Terjang jawara  YBC (You Business Competition) Sosro Joy Green tea sukses mengukir prestasi di berbagai bidang. Kali ini sosro Joy Green Tea menampilkan Juara Favorit YBC JTS, yakni Muhammad Akhyar Rosidi, pemilik Gembool Bag. Tak hanya menjadi juara Favorit, Gembool Bag juga menjadi pemenang bidang distribusi YBC JTS. Bagaimana sepak terjang enterpreneur muda sal kota Bogor ini dalam membangun kerajaan bisnisnya?
Muhammad Akhyar Rosidi, Owner Gembool Bag. Juara Favourite Youth Business Competition Sosro Joy Green Tea 2012

Gembool Bag dirilis sejak bulan Agustus 2009 oleh Muhammad Akhyar Rosidi. Idenya muncul ketika ia bersama sang istri, Vidia Chairunnisa melihat beberapa toko Online yang menarik di facebook dan potensi kerajinan tas wanita di wilayah Bogor. Sebelum menjalankan usaha ini, keduanya memiliki usaha jual beli tas dengan merek gembool Bag. Adapun modal awal yang digunakan untuk bisnis tas sekitar Rp 24 juta. Dana tersebut berasal dari penjualan mutiara dan program Mahasiswa Wirausaha (PMW) IPB, Bogor. Modal digunakan untuk membeli laptop bekas, sewa tempat, langganan internet dan stock barang.

Akhyar bersama sang istri awalnya hanya menjual produk dengan cara yang konvensial seperti buka toko dan pameran. Namun karena keterbatasan waktu dna biaya terutama karena masih mengerjakan tugas akhir serta belum memiliki dana yang besar, mereka memutuskan tidak meneruskan cara pemasaran konvensional itu.

"Saya lalu mencoba iseng memasarkan produk pada Agustus 2009 di facebook yang ternyata responnya positif. Sejak saat itu, kami dengan uang sebesar Rp 24 juta, berusaha mengembangkan bisnis online ini dengan menyewa sebuah tempat di salah satu gang kecil di kampus dan membeli beberapa unit komputer bekas. Kami menawarkan pada beberapa teman untuk bergabung. sayangnya, mereka justru berkomentar dengan nada yang kurang mendukung secara halus, misalnya :ah kamu bercanda niy, saya bantu doa aja ya," ungkap akhyar.

Ketidakseriusan dan ketidakpercayaan rekan-rekannya tidak membuat tekad bisnis akhyar dans ang istri luncur. Justru mereka jadikan sebagai dorongan utnuk lebih bersemangat menjalankan usaha ini. Akhirnya dengans emua kemampuan yang dimiliki saat itu, mereka nulai merekrut remaja lulus SMA sebanyak 4 orang. Bahkan bisnis mereka berkembang pesat hingga saat ini omset Gembool Bag mencapai Rp 300 juta per bulan.

Prospek bisnis ini menurut Akhyar Sangat bangus, karena pengguna internet di Indonesia dari waktu ke waktu terus bertambah dan semakin banyak muncul website-website e-commerce yang menawarkan kemitraan dengan UKM.

Produk 

Aneka produk Gembool Bag yang ditawarkan yakni tas dengan harga Rp 125 - 179 ribu/pcs, dompet Rp 45 - 60 ribu/pcs dan handphone organizer Rp 80 - 115 ribu/pcs . Sedangkan produk terbaru berupa tas convertible, yaitu tas yang dapat digunakan dengan 3 cara (dijinjing, diselempang, dan dipunggung/gemblok). Tas ini tergolong unik dan snagat disukai konsumen karena tidak dibuat oleh pelaku lain. Dompet dan handphone organizer menjadi produk terlaris karena memiliki harga yang sangat terjangkau dan dihadirkan dengan pilihan warna dan motif yang beragam. Untuk membedakan Gembool Bag dengan yang lain, mereka melakukan inovasi berupa variasi bahan dan kombinasi warna. Sejauh ini, kompetitor lebih bayak menggunakan satu jenis bahan dan warna sehingga kurang variatif. Dengan variasi bahan dan warna, maka customer memiliki banyak pilihan sesuai selera. Sasarannya adalah wanita-wanita muda seluruh Indonesia dengan rentang usia 15 sampai 35 tahun yang biasanya aktif menggunakan internet.

Pemasaran

Sejauh ini sistem pemasaran produk Gembool Bag hanya melalui sosial media (facebook,Twitter), Website (http://www.gembool.com), iklan baris, serta BlackBerry. Untuk memperkenalkan produk, Akhyar dan sang istri menyertakan foto produk yang dilengkapi dengan spesifikasi detail, sehingga informasi yang didapatkan oleh konsumenbisa optimal." Kini produk kami sangat diterima di pasaran, terbukti dari penjualan dari Sabang sampai Merauke. Bagkan kami sempat menangani pesanan dari Luar Neger meskipun masih dalam jumlah sedikit, seperti Malaysia, Singapura, Australia, dan Brunei Darusalam," terang Akhyar.

YBC JTS

Tidak seperti peserta yang lain. Akhyar justru mengetahui informasi adanya ajang YBC JTS setelah dihubungi pihak IPB, Bogor. Dalam rangka persiapan diri, tim Gembool Bag hanya open minded pada smeua yang diberikan oleh mentor dan melakukan (do it) segala yang ditugaskan. "Pada hakikatnya segala tugas dan pekerjaan yang diberikan semata melatih kita untuk mengembangkan uaha menjadi luar biasa," cetusnya. Akhyar mengatakan bahwa tidak ada syarat khusus untuk bisa mengikuti ajang ini, melainkan hanya masih berstatus mahasiswa dan siap untuk menjadi entrepreneur.

Tim Gembool Bag merasa banyak sekali manfaat yang didapat dari ajang ini. Diantaranya, mereka menjadi lebih semangat dalam menjalankan usaha dan lebih yakin step by step yang harus dikerjakan, memiliki komunitas (teman-teman peserta TBC) sehingga bisa bertukar informasi san daling memberikan semangat yang diperlukan di saat merasa sendiri dan mentok /stuck dalam bisnis. Manfaat lainnya dari segi omset dan manajement bisnis menjadi lebih baik. Harapannya bisa menjadi target yang diinginkan dalam tempo sesingkat-singkatnya.

Akhyar mengaku tidak ada duka yang mereka rasakan dalam ajang YBC JTS. Justru ia lebih banyak merasakan sukanya, karena ia menjumpai bahwa ia bukan satu-satunya orang"gila" yang memilih untuk percaya pada bisnis dengan bermimpi dan berusaha menjadi pengusaha dari umur yang relatif masih muda. Sebelum mengikuti kompetisi ini Akhyar dan sang istri tidak memiliki mentor bisnis untuk pengembangan bisnis. Namun setelah mengikuti step dan goal yang jelas dalam pengembangan bisnis. Sehingga tidak heran banyaks ekali pengaruh dari segi omset dan manajemen usaha Gembool bag yang semakin baik dari hari ke hari.

"Target kami satu bulan penjualan adalah Rp 300 - 350 juta dan mudha mudahan bisa dicapai dalam 2-3 bulan ke depan karena kami dalam tahap pembangunan untuk produksi dari 4 meisn menjadi 10 mesin jahit," Papar Akhyar. untuk itu dari ajang ini, tim gembool Bag berharap semoga program ini tetap berlanjut untuk tahun -tahun ke depan dan tidak hanya dilaksanakan di Pulau Jawa, teteapi juga di kota-kota lain luar Pulai Jawa.

Tabloit Peluang Usaha - Edisi 05 _ Th VII - 14 - 27 Desember 2012

distro2 620x90

Tidak ada komentar:

Posting Komentar